Kamis, 06 Juni 2024

Posyandu Anggrek Desa Palaan Berkegiatan di Dua Tempat

Palaan merupakan salah satu desa yang berada di wilayah administratif Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Desa tersebut dibelah Jalan Raya Gunung Kawi yang mulus dan lebar. Dalam giat Posyandu Anggrek, Jalan Raya Gunung Kawi juga membagi dua tempat bagi pelaksanaan kegiatannya di dua tempat.

Menurut perawat Desa Palaan Usnul Khoiriyah, A.Md.Kep, berhubung lokasi Ponkesdes Palaan yang sekaligus menjadi Taman Posyandu Anggrek tempatnya kurang mencukupi bila Posyandu diadakan secara bersamaan atau gabungan, maka akhirnya dipisah menjadi dua tempat.

Giat Posyandu Balita ditempatkan di Taman Posyandu Anggrek atau Ponkesdes Palaan, Kecamatan Ngajum

Hari ini, Rabu (06/06), Posyandu Anggrek Desa Palaan mengadakan giatnya secara gabungan. Dalam giat tersebut ada giat Posyandu Balita, Posbindu dan Posyandu Lansia sekaligus. Untuk giat Posyandu Balita menempati Taman Posyandu Anggrek atau Ponkesdes Desa Palaan yang berada di Jalan Raya Gunung Kawi, Dusun Krajan RT 01 RW 01, sedangkan giat Posbindu/Posyandu Lansia ditempatkan di rumah bidan Desa Palaan Heru Cahyaningati, A.Md.Kep yang beralamatkan di Jalan Raya Gunung Kawi, Dusun Krajan RT 01 RW 04.

Kendati berbeda lokasi maupun RT/RWnya, namun sesungguhnya letaknya berhadapan antara Ponkesdes Palaan dan rumah bidan desa yang bertingkat tersebut. Letak Ponkesdes berada di sebelah barat Jalan Gunung Kawi, dan letak rumah bidan Heru berada di sebelah timur Jalan Gunung Kawi.

Bidan desa sedang mengukur tekanan darah orangtua balita di Ponkesdes Palaan

Giat Posyandu Anggrek Desa Palaan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Warga dari RT 01 hingga 06 yang tersebar dalam 3 RW mulai berdatangan untuk mengikuti giat Posyandu Anggrek, sehingga suasananya cukup ramai. 

Terlihat ada 3 orang kader Posbindu/Posyandu Lansia yang membantu perawat desa dalam melakukan skrining faktor risiko penyakit tidak menular (PTM), seperti pengukuran antropometri, tekanan darah, dan pengecekan kadar gula darah. 

Lokasi giat Posbindu/Posyandu Lansia di sebelah timur Ponkesdes Palaan

Sedangkan, dalam giat Posyandu Balita, bidan Heru dibantu oleh 5 orang kader Posyandu Balita. Staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) dr. Arief Alamsyah, MMRS yang didampingi salah seorang anggota Tim SMARThealth UB berkenan menghadiri giat tersebut.

Pada kesempatan itu, dr. Arief yang sedang menyelesaikan S3 di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Gadjah Mada, ingin menyusun disertasinya mengenai Pengembangan Model Health Coaching Untuk Pengendalian Hipertensi di Layanan Primer.

Perawat desa dengan dibantu kader melakukan skrining PTM

Ia menghadiri giat tersebut ingin melihat dari dekat prosesi pelaksanaan Posyandu Anggrek Desa Palaan, utamanya pada giat Posbindu maupun Posyandu Lansia. Pada kesempatan itu juga, dr. Arief melakukan in-depth interview dengan salah seorang pasien hipertensi. Kebetulan salah seorang kadernya ada yang memiliki riwayat hipertensi, sehingga dr. Arief pun melakukan wawancara mendalam di ruang tamu rumah bidan Heru.

Kemudian, saat ingin menjumpai pasien hipertensi yang aktif dalam Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis), kebetulan tidak bisa hadir. Oleh perawat Usnul, dr. Arief disarankan untuk mengunjungi giat Posyandu di Balai Desa Maguan yang pada saat bersamaan juga melangsungkan giat Posyandu.

In-depth interview dengan pasien hipertensi yang hadir dalam giat Posyandu Anggrek Desa Palaan

Dr. Arief bersama dengan salah seorang anggota Tim SMARThealth UB pun kemudian menuju ke giat Poysandu di Desa Maguan yang berjarak sekitar 4,4 kilometer untuk berjumpa dengan pasien hipertensi yang aktif dalam giat Prolanis.

Usai dari giat Posyandu di Desa Maguan, dr. Arief singgah lagi ke Posyandu Anggrek untuk mengantar salah seorang anggota Tim SMARThealth UB yang masih ingin melihat giat Posyandu Anggrek lagi. Sementara itu, dr. Arief langsung kembali ke Kampus UB untuk mengajar. *** [060624]

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Risk Checker

Risk Checker

Indeks Massa Tubuh

Supplied by BMI Calculator Canada

Statistik Blog

Sahabat eKader

Label

Arsip Blog