Rabu, 22 Februari 2023

Lokmin Linsek Tribulanan I 2023 Puskesmas Sumawe

Puskesmas Sumbermanjing Wetan, atau yang biasa disingkat menjadi Sumawe, adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, yang merupakan ujung tombak penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di wilayah kerjanya. Untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan Puskesmas perlu dikelola melalui pencapaian manajemen Puskesmas secara optimal.

Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dan dukungan sektor-sektor yang bersangkutan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan, Puskesmas Sumawe harus melakukan kerja sama dengan lintas sektor agar diperoleh dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatannya. Salah satu bentuk upaya untuk penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan adalah melalui pertemuan bernama Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor (Linsek).

Hari ini, Rabu (22/02/2023), Puskesmas Sumawe menyelenggarakan Lokmin Linsek Tribulanan I Tahun 2023 di Ruang Pertemuan Puskesmas Sumawe yang beralamatkan di Jalan Sumbermanjing Wetan, Dusun Sumbersari RT 10 RW 05 Desa Argotirto, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Kegiatan Lokmin Linsek Tribulanan I di Puskesmas Sumawe ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Polsek, Koramil, Dinkes, Lintas sektor terkait (TP-PKK Kecamatan, Kasi Kesos Kecamatan, Krowil Disdik Kecamatan, KUA Kecamatan, MWC NU Kecamatan, Korwil KB Kecamatan, MTsN 4 Malang, Fatayat), Pendamping Lokal Desa (PLD), Tim SMARThealth Universitas Brawijaya (UB), dan 9 Kepala Desa (Kades) di wilayah kerja Puskesmas Sumawe, yang meliputi: Sumbermanjing Wetan, Harjokuncaran, Druju, Ringinsari, Argotirto, Klepu, Ringinkembar, Sekarbanyu, dan Tegalrejo.

Sebagian peserta Lokmin Linsek Puskesmas Sumawe berpose bersama

Acara lokmin linsek ini dimulai pada pukul 09.15 WIB. Master of Ceremony (MC) Nafiatur Rosyidah, S.ST, Koordinator Pelayanan KB Puskesmas Sumawe, mengawali dengan ucapan selamat datang sebagai bentuk penyambutan tamu, dan membacakan susunan acaranya.

Setelah itu, MC memandu berdoa menurut keyakinan masing-masing, dan terus dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpun oleh dirigen Laily, A.Md.Keb, seorang bidan di Puskesmas Sumawe, dengan hitungan birama 4/4.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Kepala Puskesmas Sumawe dr. Dian Rahmawati. Dalam sambutannya, Kapus dr. Dian mengatakan bahwa linsek kali ini tergolong speSial karena dilaksanakan di bulan-bulan awal tahun 2023.

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas kepada masyarakat serta mendapatkan dukungan dari lintas sektor terkait pelaksanaan program kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Sumawe, khususnya Indikator Mutu Prioritas Puskesmas tahun 2023, yaitu Penurunan Angka Stunting dan Advokasi PTM SMARThealth, tambah Kapus Sumawe, besar harapan kami, kita bisa bersinergi dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di Sumawe.

Pembukaan Lokmin Linsek Tribulan I Tahun 2023 Puskesmas Sumawe 

Usai sambutan Kapus Sumawe, acara diisi dengan sambutan dari Sekcam Sumawe Goly Karyanto, S.E., M.M. Pada kesempatan itu, Sekcam Sumawe menekankan pentingnya sinergi dalam mengatasi setiap persoalan yang ada di Kecamatan Sumawe ini.

“Lewat sinergi ini, kita tingkatkan penanganan masalah kesehatan, seperti stunting dan PTM, guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Sumawe,” jelas Sekcam Sumawe dihadapan peserta pertemuan Lokmin Linsek di Ruang Pertemuan Puskesmas Sumawe.

Selesai sambutan Sekcam, acara langsung disambung dengan sambutan dari Sub Koordinator Substatif PTM dan Keswa Dinkes Kabupaten Malang, Paulus Gatot Kusharyanto, SKM. Dalam sambutannya, Paulus Gatot mengatakan bahwa tanpa dukungan lintas sektor, bidang kesehatan tak bisa berbuat apa-apa. Perlu adanya kesepakatan dalam linsek ini, karena keberhasilan itu tergantung kepada kita semua.

Paulus Gatot juga memberikan apresiasi kepada Puskesmas Sumawe yang telah mengawali Lokmin Linsek di awal-awal bulan pada tahun 2023 ini. “Ini adalah yang pertama penyelenggaran Lokmin Linsek untuk tahun 2023 di Kabupaten Malang. Luar biasa!” kata Paulus Gatot.

Sekcam Sumawe berikan sambutan pada Lokmin Linsek Puskesmas Sumawe

Setelah sambutan-sambutan, acara diteruskan dengan penyampaian paparan. Paparan pertama disampaikan oleh Kapus Sumawe dengan judul “Evaluasi Program Percepatan Penurunan Stunting  di Wilayah Kerja Puskesmas Sumawe Sampai Dengan Akhir Tahun 2022.”

Paparan kedua datang dari Sub Koordinator Substantif PTM dan Keswa Dinkes Kabupaten Malang. Pada kesempatan itu, Paulus Gatot Kusharyanto memberikan materi “Program SMARThealth Sebagai Upaya Pengendalian Dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Di Kabupaten Malang.”

Terakhir, adalah paparan dari staf Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat (Kesgagizi) Dinkes Kabupaten Malang, Dedik Kurniawan, S.Gz, dengan tema “Advokasi Stunting.”

Setelah itu, dilanjutkan dengan paparan Visi & Misi, Tata Nilai, Budaya Kerja, Motto, dan Kebijakan Mutu Puskesmas Sumawe 2023 oleh Kapus Sumawe, dan Evaluasi Program Upaya Kesehatan Masyarakat oleh Penanggung Jawab UKM Essensial dan Keperawatan Kesehatan Masyarakat Puskesmas Sumawe, Hamidah, A.Md.Keb.

Suasana Lokmin Linsek di Ruang Pertemuan Puskesmas Sumawe

Setelah penyampaian paparan, dilaksanakan tanya jawab sebagai bagian diskusi untuk mendapatkan dukungan dari setiap sektor terkait guna mengatasi masalah dan hambatan dalam pelaksanaan progam kesehatan di Puskesmas Sumawe, dan kesepakatan cara penyelesaian masalah yang ada serta rencana tindak lanjutnya.

Diharapkan dengan adanya Lokmin Linsek ini, semua sektor terkait dapat berkomitmen dan bekerja sama untuk melakukan upaya kesehatan dan tercipta masyarakat yang sehat di wilayah kerja Puskesmas Sumawe.

Setelah diskusi, peserta Lokmin Linsek dimohon untuk mengisi Kuesioner Pemahaman Visi-Misi, Tata Nilai, Budaya Kerja Dan Motto Puskesmas Sumawe Tahun 2023 melalui scan barcode yang ditayangkan di layar monitor.

Acara Lokmin Linsek Tribulan I Tahun 2023 Puskesmas Sumawe ini berakhir pada pukul 12.44 WIB dengan ditandai pembacaan doa penutup oleh perwakilan dari KUA Kecamatan Sumawe, Sugianto, dan foto bersama. *** [220223

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Risk Checker

Risk Checker

Indeks Massa Tubuh

Supplied by BMI Calculator Canada

Statistik Blog

Sahabat eKader

Label

Arsip Blog