Sabtu, 04 November 2023

Giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen di Bulan November 2023

Secara rutin, Posbindu Anggrek 2 Kepanjen terus berjalan aktif. Setiap bulannya, kader dan tenaga kesehatan Ponkesdes Panji Husada mengagendakan giat Posbindu yang ada di wilayah Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Hari ini, Sabtu (04/11), mereka mengadakan giat Posbindu PTM di bulan November bertempat di Balai RW 01. Giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen memiliki kekhasan sendiri, karena mereka umumnya “mengopeni” warga yang telah memiliki faktor risiko tinggi PTM (highrisk).

Tidak mudah memang, tapi giat itu harus terus berjalan agar manfaatnya benar-benar dirasakan oleh warga. Setiap bulan, perawat maupun bidan setempat serta kader kesehatan harus memikirkan ketersediaan bahas medis habis pakai (BMHP) seperti strip gula dan baterai untuk alat pengukur tekanan darah digital, dan tentunya pengadaan obat.

Pemeriksaan dalam giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen

Giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen lebih kepada follow up. Namun, juga terus menginformasikan kepada warga yang belum melakukan skrining faktor risiko PTM. Bagi warga yang sudah tua atau terkendala hadir, kader akan melakukan skrining di rumahnya.

Seperti biasa, warga yang berdatangan ke Balai RW 01 akan menuju ke meja pendaftaran terlebih dahulu. Di Posbindu Anggrek 2 Kepanjen, kader kesehatan memiliki ketrampilan dalam melakukan skrining faktor risiko PTM, namun secara kegiatan mereka terspesialisasi dalam tugasnya masing-masing.

Di meja pendaftaran, petugasnya diisi oleh kader SIMPLI Indri Astutik. Karena sudah menjalaninya sejak 2019, kader Indri Astutik sampai hafal betul dengan catatan pasiennya. Kemudian, alur berikutnya adalah pengukuran antropometri, seperti tinggi badan, berat badan, dan lingkar perut. Petugasnya dipegang oleh kader SMIPLI Wiwik Setyo Anggraeni, S.H.

Warga berkonsultasi dengan dokter dari Puskesmas Kepanjen

Kemudian alur berikutnya adalah pemeriksaan tekanan darah yang dlakukan oleh kader SMARThealth Agustin Shintowati, dan diteruskan dengan pengecekan kadar gula darah, kolesterol maupun asam urat oleh kader SMARThealth Nanik Triyudani.

Usai diskrining faktor risiko PTM yang dilakukan oleh kader kesehatan terlatih, warga akan dipersilakan menuju ke meja konsultasi. Di meja itu, terlihat dr. Nabilah Rohadatul 'Aisy, seorang dokter internship Puskesmas Kepanjen, memberikan konsultasi maupun edukasi kepada warga utamanya yang mempunyai faktor risiko PTM.

Dari konsultasi dengan dokter Puskesmas Kepanjen, warga akan menuju ke meja obat. Di meja itu ada perawat Nurul Masfiyah, A.Md.Kep dan bidan Reny Dewi Prasasti, A.Md.Keb dari Ponkesdes Panji Husada Kelurahan Kepanjen.

Perawat dan bidan Panji Husada Kelurahan Kepanjen dalam memberikan obat yang telah diresepkan oleh dokter dalam konsultasi

Giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 10.58 WIB itu berhasil memfollow up warga sebanyak 30 orang dengan rincian laki-laki ada 6 orang, dan perempuan sejumlah 24 orang.

Selesai acara giat Posbindu, para petugas dalam giat itu makan bersama dengan menu yang telah disiapkan oleh kader, tak terkecuali seorang anggota Tim SMARThealth Universitas Brawijaya (UB) yang hadir juga turut diajaknya.

Di salah satu meja pemeriksaan dibersihkan dan disulap menjadi meja untuk menghidangkan aneka masakan. Ada nasi putih dalam termos plastik yang atasnya dibalut serbet, gudeg dalam panci yang terbuat dari gerabah, balado telur dan tahu, ceker pedas, tempe bongkil, mendol, iwak klothok, lalapan (kobis, timun, kacang panjang), dan kerupuk sebanyak 2 plastik besar. *** [041123]

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Risk Checker

Risk Checker

Indeks Massa Tubuh

Supplied by BMI Calculator Canada

Statistik Blog

Sahabat eKader

Label

Arsip Blog