Selasa, 30 Juli 2024

Tim Penelitian NIHR Bersilaturahmi Dengan Plt Kadinkes Kabupaten Malang

Invariably, collaboration leads to new forms of self-expression and to the things that move you.”– Rodney Crowell, musician

Di tengah-tengah kesibukan masing-masing, akhirnya Tim Penelitian NIHR Global Health Research for Non-Communicable Diseases and Environmental Change (NIHR-GHRC NCDs & EC) bisa bersilaturahmi dengan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang di ruang kerjanya di Kantor Dinkes yang beralamatkan di Jalan Panji No. 120 Kelurahan Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, pada Selasa (30/07).

Tim Penelitian NIHR yang terdiri Sujarwoto, S.IP, M.Si, MPA, Ph.D (Koordintaor Theme 2: Air Pollution dan Plastic Combustion), dr. Holipah, Ph.D (Koordinator Research Capacity Strengthening /RCS), dan fasilitator NIHR, menghadap Plt Kadinkes Kabupaten Malang, dr. Nur Syamsu Dhuha, yang didampingi Sub Koordinator Substansi PTM dan Keswa, Paulus Gatot Kusharyanto, SKM.

Tujuan silaturahmi ini, disamping berjumpa dan berkomunikasi dengan Kadinkes yang baru, juga mewartakan kegiatan NIHR yang telah berjalan, ongoing, dan yang akan dilaksanakan. Menurut Sujarwoto, penelitian NIHR yang sifatnya kolaboratif ini sesungguhnya merupakan pengembangan inovasi SMARThealth untuk menurunkan risiko penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK) dan penyakit jantung yang disebabkan oleh polusi udara.

Tim Penelitian NIHR diterima Plt Kadinkes Kab. Malang di ruang kerjanya

Dalam silaturahmi itu, juga terjadi diskusi yang menarik antara Plt Kadinkes dan Tim Penelitian NIHR. Plt Kadinkes yang pernah menjabat Kepala Puskesmas (Kapus) Pakisaji dan sekarang merangkap menjadi Kapus Singosari selain Plt Kadinkes, sedikit banyak telah mengerti program SMARThealth yang telah berjalan di Kabupaten Malang.

Pada saat menjabat Kapus Pakisaji, program SMARThealth dulu memasuki penelitian Sub-standard medicines of CVD (Studi Kualitas Obat terkait Penyakit Kardiovaskular), dan ketika menjabat Kapus Singosari bertepatan dengan pelaksaan replikasi SMARThealth (Scale up).

Plt Kadinkes yang juga alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) terlihat santai saat berdiskusi. Rasanya malah seperti reuni saja, sehingga komunikasi pun menjadi mengalir dengan enak dan lancar. Menurut seorang penulis asal Amerika Serikat yang menulis buku laris The Seven Habits of Highly Effective People, Stephen R. Covey (1932-2012), “When the trust account is high, communication is easy, instant, and effective” (Ketika kepercayaan tinggi, komunikasi menjadi mudah, instan, dan efektif).

Bersilaturahmi dan berdiskusi

Plt Kadinkes juga berharap temuan-temuan dalam penelitian agar supaya dikomunikasikan dengan Dinkes, agar supaya Dinkes bisa menindaklanjutinya. Seperti pada SMARThealth yang awal, diakui oleh plt Kadinkes telah menghasilkan skrining PTM yang bisa berjalan dengan baik. 

Namun kemudian, menurut Plt Kadinkes yang berdasarkan laporan skrining PTM yang cukup sukses  yang dilakukan oleh Puskesmas Turen, kini dihadapkan pada kendala pengadaan obat bagi masyarakat yang memiliki faktor risiko tinggi terhadap PTM seperti hipertensi dan gula darah misalnya. Sementara anggaran untuk obat, sangatlah terbatas.

Tak hanya itu, dalam diskusi itu juga muncul wacana penelitian terhadap sisa darah dari pengambilan sampel untuk profil lipid yang dijalankan oleh puskesmas-puskesmas selama ini. Wacana ini muncul begitu ketika dapat informasi penanganan dan pengelolaan sampel darah selama ini yang telah menjadi program nasional tersebut, dan kebetulan FKUB telah memiliki alatnya yang dibelinya seharga 15 miliar yang diletakkan di laboratorium.

Saat berpamitan pun masih sempat berdiskusi

Silaturahmi yang dibarengi dengan diskusi itu memakan waktu selama satu jam kurang dua menit, yang dimulai pada pukul 11.16 WIB hingga 12.14 WIB. Banyak yang dibahas, dan tentunya akan dikomunikasikan secara berkelanjutan meningingat penelitian NIHR adalah penelitian yang bercorak kolaboratif dengan Kampus Luar Negeri, termasuk juga kerja sama dengan Dinkes Kabupaten Malang.

Kolaborasi lebih dari sekadar anggota tim yang sekadar berkomunikasi satu sama lain. Ini tentang sekelompok individu yang terhubung dan bekerja sama untuk memecahkan masalah. Jika dilakukan dengan baik, kolaborasi akan menginspirasi inovasi dan kreativitas.

Seperti kata musisi country Amerika, Rodney Crowell, “Invariably, collaboration leads to new forms of self-expression and to the things that move you” (Kolaborasi selalu menghasilkan bentuk-bentuk baru ekspresi diri dan hal-hal yang menggerakkan Anda). *** [300724]

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Risk Checker

Risk Checker

Indeks Massa Tubuh

Supplied by BMI Calculator Canada

Statistik Blog

Sahabat eKader

Label

Arsip Blog