Rabu, 17 Juli 2024

Lima Tempat di Kabupaten Gresik Dikunjungi Tim Penelitian NIHR

Hari kedua (Selasa, 16/07) bertugas di Kabupaten Gresik, tiga anggota Tim Penelitian NIHR Global Health Research Centre for Non-Communicable Diseases and Environmental Change (NIHR-GHRC NCDs & EC) – Serius Miliyani Dwi Putri, SKM, M.Ked.Trop., Meutia Fildzah Sharfina, SKM, MPH, dan saya – mengunjungi lima tempat.

Kelima tempat tersebut yakni Kantor Kepala Desa Roomo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan Kantor Kepala Desa Sukomulyo.

Kunjungan di hari kedua ini sama dengan kunjungan di hari pertama, yaitu silaturahmi dan mengagendakan pengumpulan data kualitatif dalam rangka penelitian NIHR di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan desa yang ada di Kabupaten Gresik.

Silaturahmi dengan Kades Roomo, dan menjadwalkan agenda NIHR

Kunjungan pertama dimulai dengan sowan ke Kantor Kepala Desa Roomo yang beralamatkan di Jalan Sumur Giwang No. 44 RT 05 RW 01 Desa Roomo, Kecamatan Manyar. Di Kantor Kepala Desa, Tim Penelitian NIHR diterima oleh Rudi (staf Desa) dan kemudian dipertemukan dengan Kepala Desa (Kades) Roomo Taqwa Zainuddin ruang kerjanya.

Di ruang kerja tersebut, Tim Penelitian NIHR diterima dengan ramah oleh Kades dan 2 stafnya. Mereka meresponnya dengan baik, dan menjadwalkan pada Jumat (19/07) untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) dalam 4 kategori secara paralel mengingat hari itu merupakan hari pendek.

Dari Kantor Kepala Desa Roomo, Tim Penelitian NIHR bergerak menuju ke Kantor DLH yang berada di Jalan K.H. Wachid Hasyim No. 17 Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik, yang berjarak sekitar 5 kilometer.

Silaturahmi ke Kantor DLH Kab. Gresik

Kantor DLH berada di lantai 2 dari gedung yang diperuntukkan bagi Kantor Dinas Sosial (Dinsos), DLH, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), yang lokasinya tepat berada di sebelah utara alun-alun Kabupaten Gresik.

Di resepsionis DLH, tamu dipersilakan mengisi Buku E-Tamu dengan cara melakukan scan barcode, lalu mengisinya. Setelah mengisi buku tamu elektronik tersebut, Tim Penelitian NIHR dipersilakan menuju ke ruang Bidang PPKLH (Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup), dan diterima dengan baik oleh staf bidang tersebut bernama Toni serta akan disampaikan ke Kepala Bidang (Kabid) untuk menjadwalkan wawancara.

Usai dari Kantor DLH, Tim Penelitian NIHR bergerak menuju ke Kantor DPRD yang berjarak sekitar 73 meter sebelah barat Kantor DLH. Di Kantor DPRD, Tim Penelitian NIHR diterima oleh bagian Humas Leni.

Bertemu dengan staf Humas DPRD Kab. Gresik

Atas saran bagian Humas, disuruh menunggu surat izin penelitian edisi revisi yang dikeluarkan dari pihak terkait di Kabupaten Gresik. Setelah itu, suratnya dimasukkan ke Kantor DPRD dan langsung akan diproses untuk mendapatkan disposisi dari Ketua DPRD dan kemudian barulah wawancara.

Selesai di Kantor DPRD, Tim Penelitian NIHR bergerak menuju ke Kantor Kadin yang berada di Jalan Panglima Sudirman, yang jaraknya sekitar 1,6 kilometer dari Kantor DPRD. Tiba di di Kantor Kadin tutup, karena personilnya sedang ada pelatihan di tempat lain, dan yang dilakukan kemudian berkontak lewat whatsapp (WA) dan dijanjikan untuk wawancara pada hari Senin (22/07) oleh Ketua Kadin Rizal.

Usai dari Kantor Kadin sebenarnya Tim Penelitian NIHR ingin langsung ke Kantor Kepala Desa Sukomulyo namun dapat kabar, baru bisa ditemui pada pukul 13.30 WIB. Mengisi kekosongan waktu, akhirnya digunakan oleh Tim Penelitian NIHR untuk makan siang di Koromi Café & Resto yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada 18 Desember 2022. Makan di Koromi ini tujuannya agar mendapat bill (tagihan pengeluaran) yang ada nama usaha dagangnya dan stempelnya.

Silaturahmi di Kantor Desa Sukomulyo, dan menjadwalkan NIHR

Selesai makan, Tim Penelitian NIHR kembali ke basecamp dulu, yakni di Front One Hotel untuk merampungkan tugas-tugas lainnya, dan pada pukul 13.00 WIB lebih sedikit, Tim Penelitian NIHR meluncur menuju ke Kantor Kepala Desa Sukomulyo yang beralamatkan di Jalan K.H. A. Bisri II No. 26 RT 10 A RW 03 Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar.

Di Kantor Desa Sukomulyo, Tim Penelitian NIHR diterima dengan ramah oleh staf Desa Lilik di Ruang Perpustakaan yang berada di lantai 2, dan dijadwalkan untuk FGD pada hari Jumat (19/07). Mundur sehari dari jadwal karena pada hari Kamis (18/07) karena hari itu di Kantor Desa ada acara kegiatan Sekolah Orangtua Hebat (SOTH).

Selesai dari Kantor Desa Sukomulyo, Tim Penelitian NIHR kembali ke basecamp karena ada anggota Tim Penelitian NIHR yang akan melakukan meeting secara zoom. *** [170724]

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Risk Checker

Risk Checker

Indeks Massa Tubuh

Supplied by BMI Calculator Canada

Statistik Blog

Sahabat eKader

Label

Arsip Blog