Rabu, 12 Juni 2024

Dari Pondok Gurame Nagarema ke Balai Desa Kuwolu, Lihat Giat Posyandu Prima

Di depan Pondok Gurame Nagarema, saat salah seorang anggota Tim SMARThealth Universitas Brawijaya (UB) hendak menyeberang tiba-tiba terdengar panggilan dari seseorang yang melintas di Jalan Raya Kuwolu. Ternyata Penanggung jawab PTM Puskesmas Bululawang Intati, A.Md.Keb bersama perawat Desa Kuwolo Ristyawati, A.Md.Kep sedang mengarah ke timur menuju Kantor Desa atau Balai Desa Kuwolu untuk giat Posyandu Prima.

Posyandu Prima merupakan kordinator Posyandu yang memberikan pelayanan sesuai siklus hidup mulai dari ibu hamil sampai dengan lansia, dilakukan minimal 1 kali dalam sebulan. Dalam giat yang dilaksanakan pada Rabu (12/06) ini, giat Posyandu mencakup Posyandu Balita, Posbindu, dan Posyandu Lansia.

Kantor Desa Kuwolu Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang

Bertempat di Balai Desa Kuwolo yang beralamatkan di Jalan Raya Kuwolo No. 177 Dusun Maqbul RT 10 RW 03 Desa Kuwolo, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, giat Posyandu sesuai siklus hidup manusia itu diadakan.

Dalam Balai Desa yang memiliki gedung megah berlantai 2 dengan gedung serbagunanya yang tinggi dan berhalaman luas itu, mulai pukul 08.30 WIB ramai dikunjungi warga untuk menghadiri giat Posyandu gabungan tersebut.

Imunisasi oleh bidan desa yang disaksikan Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK serta Kasi Pelayanan

Di sela-sela, mengikuti pertemuan tahap 4 photovoice, yakni refleksi pengalaman, saya menyempatkan diri sebentar untuk mengunjungi giat tersebut, karena pada saat ketemu dengan Pj PTM Puskesmas Bululawang berjanji untuk menengoknya. Kebetulan jarak dari Pondok Gurame Nagarema ke Balai Desa Kuwolo hanya sekitar 500 meter saja.

Begitu masuk halaman Balai Desa Kuwolo yang luas, tampak motor-motor berjajar di sisi timur. Meja giat Posyandu Balita Anggrek diletakkan di kiri kanan dekat pintu utama menuju gedung serbaguna atau yang dikenal juga dengan ruang aula desa. Kemudian meja untuk giat Posbindu ditaruh di serambi Kantor Desa dekat dengan pintu bagian barat menuju ke gedung serbaguna, dan meja untuk giat Posyandu Lansia Bahagia berada di dalam gedung serbaguna.

Perawat desa dan kader SMARThealth layani skrining faktor risiko PTM

Dalam giat Posyandu Balita itu terdapat pengukuran antropometri balita (penimbangan badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala) dan imunisasi. Ada BCG, Dipteri, Polio, Rota Virus, IPV, Campak maupun PCV.

Giat Posyandu Balita dikomandoi oleh bidan Desa Kuwolo Intati yang sekaligus juga menjabat sebagai Pj PTM Puskesmas Bululawang dengan dibantu 5 kader Posyandu Balita, yaitu Lailatun Nadhiroh, Ivet Ambarwati, Saadah, Khuzaimah, dan Nurmaidah.

Dua mahasiswi magang di Puskesmas Bululawang dari Kebidanan UB membantu layani skrining faktor risiko PTM dalam Posyandu Lansia

Sementara itu, giat Posbindu dan Posyandu Lansia dikoordinasi oleh perawat Desa Kuwolu Ristyawati dengan dibantu oleh 5 kader Posbindu (Fitriana, Sri Ratna, Radita Meika, Aini Khusnia, Robiatul Asawiyah) dan 5 kader Posyandu Lansia (Ika Septin, Badriyah, Suriyah, Ais Susiwati, Zubaidah), yang dibantu 2 mahasiswi Kebidanan Universitas Brawijaya (UB).

Giat Posbindu dan Posyandu Lansia sama layanan pemeriksaannya, seperti pengukuran antropometri (tinggi/berat badan dan lingkar perut) pengukuran tekanan darah, dan pengecekan kadar gula darah. Yang membedakannya adalah umur.

Suasana giat Posyandu Prima (gabungan) di Balai Desa Kuwolu

Giat Posyandu gabungan diadakan di Kantor Desa yang saat ini dipimpin oleh Kepala Desa Barudin itu, tampak hadir sejumlah perangkat desa, pengurus TP-PKK, dan salah seorang anggota Tim SMARThealth UB.

Perangkat desa yang hadir terlihat Sekretaris Desa Abdul Rohim, Kasi Pelayanan Dian Arif Permana, dan staf Nur Fitri Dianita. Sementara, pengurus TP-PKK yang hadir adalah Ketua TP-PKK Nugrohowati dan Wakil Ketua TP-PKK Jubaidah.

Perawat desa dan kader SMARThealth lakukan home visit disaksikan Kasi Pelayanan Desa Kuwolu dan mahasiswi magang di Puskesmas Bululawang

Pada giat Posyandu gabungan ini, juga terdapat kunjungan ke rumah (home visit) di rumah warga yang berada di gang masuk menuju ke Pondok Pesantren Roudlotul Muhsinin. Salah seorang anggota Tim SMARThealth UB bersama Kasi Pelayanan turut serta dalam home visit yang ditangai 3 orang, yaitu perawat Desa, kader SMARThealth, dan mahasiswi magang Kebidanan UB.

Acara giat Posyandu gabungan ini berakhir menjelang Dhuhur, dan berhasil terperiksa sebanyak 282 orang dengan rincian 88 balita (Posyandu Balita), 90 usia produktif (Posbindu), dan 104 lansia (Posyandu Lansia).

Tidak hanya capaian pemeriksaannya yang cukup banyak, namun menurut pengamatan salah seorang anggota Tim SMARThealth UB, juga terlihat adanya kolaborasi yang baik antara perangkat desa, tenaga kesehatan desa, dan kader kesehatan. *** [120624]

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Risk Checker

Risk Checker

Indeks Massa Tubuh

Supplied by BMI Calculator Canada

Statistik Blog

Sahabat eKader

Label

Arsip Blog