Sabtu, 14 Oktober 2023

Skrining AREEMA di Desa Senggreng

Desa Senggreng merupakan satu dari empat desa yang menjadi baseline implementasi Aplikasi Screening Mandiri (AREEMA) untuk pencegahan COVID-19 di Kabupaten Malang. Desa tersebut merupakan salah satu desa yang berada di lingkungan administratif Kecamatan Sumberpucung, kabupaten Malang.

Secara geografis, Desa Senggreng bertopografi dataran dan berbatasan dengan Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung (sebelah utara); Desa Ternyang, Kecamatan Sumberpucung (sebelah timur); Desa Sumberpetung, Kecamatan Kalipare (sebelah selatan); dan Desa Ngebruk serta Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung (sebelah barat).

Kader Desa Senggreng lakukan skrining AREEMA

Desa Senggreng terdiri dari 3 pedukuhan atau dusun, yakni Krajan, Ngrancah, dan Kecopokan. Dusun Kecopokan berada di bibir Waduk Karangkates yang dijadikan daerah wisata.

Dikutip dari Kecamatan Sumberpucung Dalam Angka 2022 (BPS Kabupaten Malang, 2022), luas Desa Senggreng adalah 584 hektar. Luas ini merupakan 16,44% dari luas Kecamatan Sumberpucung dan masuk urutan ketiga dari tujuh desa yang ada di wilayah administratif Kecamatan Sumberpucung, setelah Karangkates (21,26%) dan Sumberpucung (17,14%).

Jarak dari Desa Senggreng menuju ke ibukota Kecamatan Sumberpucung adalah 7 kilometer, dan jarak menuju ke ibukota Kabupaten Malang di Kepanjen adalah sejauh 13 kilometer.

Door to door, kader Desa Senggreng lakukan skrining AREEMA

Bulan Juli 2023, kader AREEMA Desa Senggreng yang telah mendapatkan pelatihan melakukan skrining dengan menggunakan aplikasi AREEMA. Ada 20 kader AREEMA yang melaksanakan skrining SMARThealth COVID-19 di desanya dengan cara berkunjung dari rumah ke rumah.

Target responden per kader adalah 60 orang dewasa yang bermukim di Desa Senggreng. Jadi secara keseluruhan, jumlah responden di Desa Senggreng adalah sebanyak 1200 orang. Dalam skrining tersebut, kader AREEMA akan dipantau oleh perawat Desa Senggreng Bima yang kesehariannya mengelola Ponkesdes Senggreng, dan hasilnya dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. *** 

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Risk Checker

Risk Checker

Indeks Massa Tubuh

Supplied by BMI Calculator Canada

Statistik Blog

Sahabat eKader

Label

Arsip Blog