Sabtu, 06 Januari 2024

Skrining PTM Perdana Dalam Giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen di Tahun 2024

Sabtu pertama dalam setiap bulannya merupakan jadwal reguler giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen yang berada di Gedung Balai RW 01 di Jalan Banurejo RT 05 RW 01 Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Tanpa terasa, hari ini, Sabtu (06/01), kader di Posbindu Anggrek 2 bersama dengan tenaga kesehatan mengadakan giat skrining PTM perdana di tahun 2024. Pengertian perdana di sini bermakna ganda bagi Posbindu Anggrek 2 Kepanjen, yaitu giat pertama kali di tahun 2024 dan sekaligus permulaan skrining setahun sekali bagi warga berumur 15 tahun ke atas di lingkungan Posbindu Anggrek 2 Kepanjen.

Kader berpose dengan tenaga kesehatan

Giat Posbindu Anggrek 2 dimulai pada pukul 08.30 WIB dan digerakkan oleh  5 orang kader, yaitu Agustin Shintowati (SMARThealth), Nanik Triyudhani (SMARThealth), Indri Astutik (SIMPLI), Wiwik Setyo Anggraeni, S.H. (SIMPLI), dan Edy Hartutik (Lansia).

Sementara itu, tenaga kesehatan yang hadir dalam memberikan layanan pada giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen itu adalah dr. Nabilah Rohadatul ‘Aisy (dokter internship Puskesmas Kepanjen), Nurul Masfiyah, A.Md.Kep (perawat Ponkesdes Panji Husada Kepanjen), dan Mamik Makrifatin, S.ST (bidan Ponkesdes Panji Husada Kepanjen yang baru).

Dokter internship Puskesmas Kepanjen menggunakan bahasa isyarat dalam memberikan konsultasi dan edukasi kepada pasien tuna rungu wicara

Kelima kader dan ketiga tenaga kesehatan bersinergi dalam lima meja layanan dalam skrining faktor risiko PTM, konsultasi dan edukasi serta pengobatan. Pendaftaran, pengukuran antropometri (tinggi dan berat badan serta lingkar perut), pengukuran tekanan darah, dan pengecekan kadar gula darah/kolesterol/asam urat dikerjakan oleh kader, sedangkan bagian konsultasi dan edukasi dilayani oleh dokter internship Puskesmas Kepanjen, dan bagian pengobatan yang diresepkan oleh dokter ditangani oleh perawat/bidan.

Kehadiran warga dalam giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen juga terlihat mengalir. Mereka tidak datang secara bergerombol pada jam yang sama sehingga dalam layanan tersebut suasananya tidak kelihatan kemruyuk.

Pengukuran tekanan darah dan pengecekan kadar gula darah dalam giat Posbindu Anggrek 2 Kepanjen

Dalam layanan selama 2 jam itu, kader berhasil melakukan skrining faktor risiko PTM sebanyak 30 orang dengan rincian 6 laki-laki dan 24 perempuan. Dari jumlah itu, ada yang terindikasi memiliki faktor risiko yang tinggi (highrisk) sehingga mendapatkan pengobatan.

Layanan pemeriksaan berakhir pada pukul 10.30 WIB, dan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama terlebih dahulu serta dipungkasi dengan makan bersama. Semua aneka hidangan yang merupakan hasil masakan kader disajikan dalam meja. Ada nasi putih, empok (nasi jagung), sayur lodeh rebung, oseng manisa ucet, pindang blimbing wuluh, ceker pedas, dadar telur, urap, kerupuk, dan air mineral Cleo. *** [060124]

Oleh: Budiarto Eko Kusumo
Editor: Budiarto Eko Kusumo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Risk Checker

Risk Checker

Indeks Massa Tubuh

Supplied by BMI Calculator Canada

Statistik Blog

Sahabat eKader

Label

Arsip Blog